Selasa, 15 Desember 2009

[Edisi 10] TAMAN MARGASATWA SEMARANG

TAMAN MARGASATWA SEMARANG
Wahana rekreasi yang dekat rumah serta biaya terjangkau sangat didambakan banyak orang. Bagi anda warga Semarang yang sukar menemukan obyek wisata yang ‘wah’ maka tak usah bingung lagi. Kini, Pemerintah Kecamatan Ngaliyan menawarkan tempat wisata yang murah nan asri ini.
Ngaliyan-Taman Margasatwa Semarang atau yang lebih dikenal dengan Bonbin Mangkang ter-letak di jalur yang sangat strategis. Ta-man wisata ini berada di kelurahan Wonosari kecamatan Ngaliyan, tepatnya di depan ter-minal Mangkang, ter-minal terbesar di kota Semarang. Bagi anda yang biasa menggu-nakan jasa bus atau menggunakan motor, cukup mengambil arah menuju ke Semarang barat atau ke terminal Mangkang. Lebih mudah dijangkau lagi karena tempat ini berada di pinggir jalur pantai utara Jawa.

Taman wisata ini berada di bawah naungan Departemen Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang. Didirikan pada tahun 2004, di atas tanah seluas 10 hektar. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai koleksi alam yang sangat memukau mata kita. Sampai saat ini koleksi di taman margasatwa ini berjumlah sekitar 220 ekor yang berasal dari satwa-satwa penjuru negeri. Seperti; Singa, Harimau doreng, Rusa, Gajah, Zebra, Buaya, rumah Ular, burung Cenderawasih, Merak dan banyak lagi yang lainnya. Berbagai koleksi jenis tanaman pun turut menghiasi taman wisata ini dan tak terkecuali satwa langka yang dilindungi Pemerintah juga turut ditangkarkan di taman margasatwa ini.
Untuk memasuki Taman Margasatwa ini, anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 5000 per orang. Harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal untuk menikmati kepuasan yang ada di dalamnya. Disana anda dapat menelusuri taman seluas 10 hektar dengan sesuka hati. Jangan khawatir, jika anda akan nyasar, karena papan penunjuk arah dengan sigap dipasang di penghujung sudut jalan menyapa para pengunjung. Dan jangan merasa khawatir untuk berlama-lama disana karena kepuasan anda akan sangat diutamakan. Pasalnya, waktu untuk berkunjung di taman margasatwa ini sangat panjang, yakni mulai pukul 07.30-17.30 WIB.
Selain menikmati keasrian alam yang ada didalamnya, anda juga dapat menghabiskan waktu dengan mencoba berbagai macam permainan yang sangat menarik. Seperti; flaying fox, kereta kelinci, becak air, perahu, naik gajah dan naik kuda. Di jamin anda akan sangat terkesan dengan tempat wisata ini, sesuai dengan slogan Sapta Pesona Taman Margasatwa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.
Wahana belajar
Selain menikmati atraksi menarik dari satwa-satwa langka, anda juga dapat belajar secara langsung di alam terbuka. Bercengkerama langsung dengan satwa-satwa langka merupakan hal yang mengasyikkan tersendiri.
Belajar di alam terbuka secara langsung mengenal satwa langka akan lebih mudah dicerna dari pada mengenal di bangku sekolah. Hal ini pula yang membuat tempat wisata ini ramai dikunjungi banyak orang, terutama dihari-hari libur dan lebaran.
Hal ini diamini oleh Ata’ atau yang biasa disapa Ambon, seorang penjaga Satwa burung kakak tua ini. Menurutnya, “hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional, adalah hari yang ramai dikunjungi orang” tuturnya.
Mengenai sarana dan prasarana Taman Margasatwa ini, Zainal salah seorang pengunjung asal Kaliwungu Kendal menuturkan “tempat ini sudah sangat baik perawatannya, satwa-satwanya juga banyak, dan tempatnya juga sangat luas.” “Saya cukup puas di tempat ini dan saya sudah kedua kali mengunjungi tempat ini” ujarnya kepada kru Ngaliyan Metro. Namun demikian, kondisi dalam taman ini harus terus di ruwat dengan ekstra, pasalnya tempat ini agak sedikit gersang dan panas. Silahkan mencoba!{Nazar/NM}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar